Tidak selamanya cwo itu selalu salah dan selingkuh (GIRL WAJIB MASUK)

Assalam mualaikum wr wb
buat kita semua,
disini saya mewakili seluruh cowok yang ada di indonesia
bahkan dunia ingin menjelaskan bahwasanya tidak semua
cwo itu selalu salah, oke langsung aja to the topic…
Saya tidak tau harus memulai nya darimana, jujur saya
kecewa ketika ada cwe yang selalu menyalahkan cowo
sering melakukan perselingkuhan, tapi pada kenyataan nya
itu emang benar! Dan apakah perselingkuhan itu tidak di
lakukan oleh seorang cewek? Ya kita semua sebagai seorang
cwo telah tertipu oleh sandiwara nya, bagaimana mungkin
saya mengatakan sandiwara?
mari kita beri contoh 2 kasus yg berbeda dan 2 watak cwe
baik dan jahat,
Air mata ( watak cwe baik, selalu mengandalkan air mata)
Ya kita semua telah tertipu oleh air mata nya kaum hawa,
mereka selalu mengandalkan air mata nya utk hal2 yang
walaupun mereka sendiri menyadari kesalahan yang di buat
dirinya. yaaa meskipun mereka ketahuan selingkuh mereka
bisa mengandalkan air mata nya buat memohon belas
kasihan sih cwo utk balikan, gimana, hebat tidak air mata
nya cwe? dan akhirnya cwo yg salah kan?telah membuat
cwe menangis? very veryyy licikk
Mengancam ( watak cwe jahat selalu mengancam)
Pasti semua pada heran, apa maksud nya mengancam?
ketika seorang cwe tidak lagi mempunyai akal agar seorang
cwo mempercayai nya, dia mulai mencari akal buat sih cwo
agar tetap bertahan pada nya, contohnya : ketika sih cwe
melakukan selingkuh, dan ketahuanlah dengan cwo nya, dan
sih cwe mulai melakukan trik2 sederhana yg mematikan,
yaitu : MENGANCAM sih cwo agar tidak memutuskan dia
dengan alasan “kamu udah pegang2 aku, udh tau tentang isi
nya aku,jadi kamu mutusin aku gitu aja? Aku bakal laporin
kamu dgn org tua aku” dan disini sudah jelas yang salah itu
cwe telah nyelingkuhin cwo nya, tapi lagi2 kita sebagai
seorang cwo salah! selamat kita salah lagi
yah sebenarnya masih banyak trik2 cwe yg ngebuat cwo
selalu salah,
disini sy bukan korban sakit hati ya,sy punya istri dan 1 anak, tapi
Sy belajar dari satu cwe ke cwe yg lain agar memahami lbh
mendalam tentang sikap wanita, dan akhirnya sy
mendapatkan wanita yg sy anggap baik di antara mantan2 sy,
oke sekian dulu yaa bukan maksud utk menjelekan kaum
hawa, sy sedikit memberi masukkan aja buat kaum hawa,
terima kasih buat semua nha, salam damai
NB : Ketika cowok selalu salah apakah sang cewek
BENAR? TENTU tIDAK

Kelakuan cowok yg sering bikin cewek gagal paham

Kelakuan Cowok yang Sering Bikin Cewek Gagal Paham
Cowok dan cewek adalah makhluk yang benar-benar
berbeda. Mulai dari fisik, sifat, karakter, cara berpikir,
sampai kebiasaan sehari-harinya. Semua berlainan
hampir 180 derajat.
Entah itu pacar, teman, kakak atau adik cowok, banyak
hal dari mereka yang kemudian bikin cewek bertanya:
“Kok bisa?”. Nah, apa aja sih yang nggak bisa dipahami
oleh cewek dari para cowok? Yuk kita simak!

1. Cewek gak paham kenapa cowok sering males mandi,
apalagi kalau ditambah keramas.
“Ya elah, Bang, kirain yang males mandi cuma dia…”

2. Cowok bisa bertahan dengan beberapa lembar baju di
lemarinya. Para cewek harus bilang ‘WOW’!
Cuma dengan 2 jeans, 7 potong kaus, 3 kemeja, 2 jaket, 7
boxer, dan 2 pasang sepatu saja cowok bisa hidup.

3. Tapi, punya banyak baju juga percuma, sih. Baju yang
dipilih juga tetap itu-itu aja
Saat cowok merasa sudah menemukan pakaian yang kece
badai, maka motto nya adalah:
Hari ini dipakai,
besok dipakai lagi,
dan lusa jugaaaaaa

4. Celana atau jaket andalan bisa nggak dicuci berbulan-
bulan
Cewek cuma bisa bilang:
“Iyuuuuwwwwhhhhhh…”

5. Tolong beritahu kami gimana cara kalian bertahan di
kamar yang di desain ala kapal pecah?
Cowok nggak butuh bidadari, taman bunga, atau sungai
susu.
Kamarnya adalah SURGA.

6. Hari libur bagi cowok jadi saat yang tepat untuk tidur
seharian
Mereka bisa tidur dari jam 2 subuh sampai jam 5 sore.
“Hmm…kesehatanmu lho, Mas!”

7. Cowok punya panggilan unik sama temen-temen
nongkrongnya
Cowok 1: “Eh, si Monyet kemana sih?”
Cowok 2: “Katanya sih lagi futsal sama Germo”
Cowok 1: “Ya udah, lo sms aja, ditunggu Jenderal sama
Cimeng di tempat biasa”
Boleh tahu gak, sebenarnya apa sih konsep hidup mereka?

8. Ngomong kasar = teman akrab
Cowok 1: “Hey, apa kabar, Cuk?”
Cowok 2: “Baik-baik gw. Anj*ng, tambah keren aja lo!”
Cowok 1: “Ah, b*bi! Lo juga makin kece, Bro!”
….dan obrolan pun terus berlanjut, tanpa lupa menyebutkan
nama-nama binatang lainnya!

9. Ngakunya sih macho dan jagoan

10. Tapi ternyata, kalau nongkrong mereka juga doyan
curhat-curhatan

11. Kenapa cowok bisa jago nyetir sekaligus handal
memarkirkan kendaraannya?
Sementara cewek, harus bergantung pada tukang parkir
kalau mau parkir tanpa meninggalkan noda di mobil.
Yah….Anggap aja anugerah dari yang Maha Kuasa!
INTINYA
Walaupun banyak hal tentang cowok yang bikin cewek
nggak paham, keunikan mereka tetap harus diterima dan
dimengerti…….
Tuhan pasti punya alasan kenapa harus menciptakan
cowok dan cewek berbeda ‘kan?
Spoiler for YANG PALING PENTING
Karena, perbedaanlah yang membuat cewek dan cowok
bisa menjalin sebuah hubungan yang sempurna.
Perbedaan yang bisa dikompromikan, akan menciptakan
hubungan yang harmonis antara cewek dan cowok. Bukan
cuma dalam pacaran ya, tapi juga dalam berbagai
bentuk hubungan lain.
Walau banyak kelakuan cowok yang bikin cewek gagal
paham, semoga cewek dan cowok tetap bisa saling
menerima keunikan masing-masing, ya!
Sekian untuk hari ini. Semoga bisa menghibur.
Wassalam

Ungkapan Seorang Putri untuk Ayahnya.wahai Pria menangislah..

Teruntukmu, Ayah.
Ketika aku menulis kata Ayah di makroblog ini, bukan
berarti aku mengabaikan ibuku.
Ketika aku membahas ayahku, ibuku tahu bahwa aku
sedang membicarakan pria yang mencintainya. Ibuku
juga tahu, bahwa aku sedang membicarakan pria yang ia
sayangi.
Ketika aku membahas ayah, ibuku tahu..
Bahwa ini menunjukan ungkapan cinta dari putrinya
untuk pria yang ia cintai.
Ayah, entahlah bagaimana memulainya.
Air mata rasa bangga memilikimu selalu menetes ketika
aku tahu kau selalu berusaha memenuhi apa yang kami
butuhkan. Dengan jelas, aku mampu melihat
punggungmu terbungkuk kelelahan. Air mata ibaku
bergulir ketika melihat ini.
Ayah, Bagaimana caranya untuk seperti kau?
Selesai mencari nafkah dengan sembrawutnya dunia
tanpa pernah mengeluh sedikitpun.
Ayah yang selalu berada di depan kami ketika kau
memimpin keluarga. Ayah yang selalu di belakangku
ketika semua orang menertawai ambisiku.
Kau tidak pernah memberhentikan idealisku. Tapi, kau
selalu membuat aku mampu memporsir idealisku dengan
realitas dan wawasan yang kau tahu.
Walau aku sangat mampu melihat raut wajahmu yang
amat bangga melihat gadis kecilmu yang sedikit
ambisius.
Entahlah.. bagaimana mengatakannya ini ayah..
Sedih rasanya ketika semua orang memintaku
menghentikan idealisku dengan mereka menunjukan
tawanya.
Mereka tertawa ketika mendengar serentetan idealisku.
Tawa yang semata hanya untuk membuatku berhenti
tanpa pernah mencoba.
Kau membelaku di hadapan mereka. Walau mereka
termasuk ibuku, kakakku dan adikku. Kau mampu
mengimbangi kami. Kau menunjukan bahwa mereka
sebenarnya merasa khawatir jika aku jatuh. Karena
jatuhku, jatuhnya mereka. Dan sakitku, sakitnya mereka.
Salah satu penghormatanku padamu adalah dengan
seberusaha mungkin menyertakan putramu untuk
menemaniku keluar rumah. Menemaniku ke tempat yang
berpotensi bertemu dengan pria yang mungkin buatku
tidak nyaman. Putramu itu adalah salah satu pria yang
kau percaya mampu menjagaku selain kau. Aku selalu
berusaha membuatmu tidak cemas dengan menyertakan
putramu dihari-hariku. Kehadiran putramu disampingku
membuat pria pria lain tidak menggangguku.
Ya, dia adikku. Aku cukup bergantung kepadanya. Walau
ia belum tentu merasa bahwa aku cukup bergantung
padanya.
Dan, aneh rasanya ketika aku bersanding dengan pria
yang tidak kau kenal. Aku merasa aku melukaimu.
Mempercayai pria lain yang kau tak kenal. Yang mau
tidak mau ketika pria mulai menyentuh tangan mungilku
dan memelukku erat seraya melindungiku. Aneh rasanya
ketika permatamu tersentuh pria diluar sana tanpa izinmu
dan aku mengunci mulutku.
Mungkin semacam putri yang tidak pernah kenal dengan
ayahnya. Semacam putri yang tidak peka dengan rasa
memiliki seorang ayah terhadapnya.
Maafkan aku ayah. Entah lah, bagaimana mungkin kau
mengatakan sudi jika kulit lembut putrimu tersentuh pria,
tawa riang penuh hasrat menggoda terdengar liar di
telinga pria, wajah cantik putrimu terlezat-lezati banyak
pria.
Sedangkan.. kau berharap tentang pria yang tau “hak”
atas diriku.
Ayah, kau sama dengan pria tua lainnya. Yang sangat
melindungi anak perempuannya. Ayah yang terampil
membaca kondisi putrinya. Termasuk ketika aku
menyembunyikan sesuatu.
Berbicara pakaianku. Jilbabku, ya! Itu salah satu bentuk
aku menyayangimu, Ayah! Bagaimana mungkin aku
dengan sadar menyeretmu ke neraka karena nafsu dunia.
Tidak.
Aku rela ayah..
Ketika pria hanya menilaiku dari wajah dan telapak
tanganku saja.
Aku rela ayah..
Ketika pria lebih memuja wanita berbusana minim dari
pada aku.
Aku tidak peduli itu. Aku lebih peduli dengan masa
depan kau dan aku di akhirat.
Dan aku memastikan bahwa pria baik-baiklah yang akan
melirikku.
Ayah, kau tentu masuk daftar hal mewah di dunia ini.
Kedua setelah ibuku, ya Istrimu.
Ayah, hanya satu doa aku yang teratas untukmu. Doa ini
di atas segalanya. Doa ini teratas setelah kesehatanmu,
kebahagiaanmu, karirmu dsb.
Ayah, aku berdoa. Jika saat semua manusia berkumpul di
padang mahsyar nanti dan saat itu pun kami sekeluarga
bertemu kembali di dahsyatnya alam akhirat. Do’aku
adalah aku ingin kami bersama selalu, berpelukan di
tengah milyaran manusia nanti. Berjabat tangan tidak
terlepaskan. Itu doaku teratas, Ayah! ini sungguh
harapan agung tentang keluarga.
Ayah, ku mohon.. berdoalah agar kami terhindar dari
nafsu dunia yang berusaha memisahkan kami nanti.
Yang membuat masing-masing dari kami kesulitan
mencari satu sama lain.
Dimana mungkin aku butuh jutaan tahun menemukanmu
diatas tanah yang gersang dan panas.
Ayah, entah bagaimana rasanya mencarimu ditengah
triliunan manusia yang sibuk nanti. Atau mungkin
kesalahanku pada Allah yang akan menghambat
pencarianmu nanti, atau mungkin karena ada kesalahanku
padamu. Mohon maafkan aku, ayah.
Sulit bagiku membayangkan jika kita tidak akan bertemu
selamanya. Tidak ayah! Itu tidak akan terjadi
Rasanya aku akan gila membayangkan kami tidak akan
bertemu lagi di akhirat nanti. Tidak ayah! Tidak. Aku
mencintaimu. Memelukmu erat di tengah hiruk pikuknya
alam akhirat nanti. Sebagai seseorang yang memeliharaku
di dunia. Yang mencintai, melindungiku selama hayat
hidupmu. Allah memberkahimu ayah. Allah tahu,
bagaimana kau mati-matian melindungiku putrimu, dan
keluarga. Kau sosok yang menemaniku dalam pencapaian
ambisi besar tentang dunia.
Deras jatuh air mataku menulis ini. Mengingat semua
bimbinganmu waktu ku kecil. Menjemputku,
menggendongku, canda tawa bersama. Ah ayah! Entah
lah bagaimana menghentikan air mata ini. Seorang pria
yang menggiringku ke tempat yang aku mau. Seorang
pria yang menghalangi bahaya bahaya yang siap
menerkamku. Uang pendidikan yang kau siapkan
untukku.
Entahlah bagaimana cara membalasmu. Aku mencintaimu
ayah. Dan, terbesit harapan. Putriku kelak, akan
terlindungi baik oleh suamiku nanti. Hingga, putriku
nanti mencintai suamiku. Sebagaimana aku putrimu
mencintai kau. Ayah, Aku amat mencintaimu.

Buat Cowok Patut Di Lihat? Buat Cewek Boleh Ngintip?

apa itu kamus lengkap rahasia cewek !!!!:?
pasti para penyimak sekalian, pada bingung dengan judul di
atas 😟tenang, tarik nafas dulu dalam-dalam, lalu
keluarkan pelan-pelan😆 luangkan lah waktu tmn2
sekira nya 5 menit untuk menyimak artikel ini hingga
selesai
okay langsung saja, kita bahas sesuai judul di atas hohoho

                                1
bila seorang cewek mengatakan dia sedang bersedih! :’(tetapi
dia tidak meneteskan airmata! itu berarti dia sedang
menangis di dalam hati nya💔
                               2
bersikap terlalu serius😠, bisa mematikan mood cewek😍
                              3
sebuah senyuman memberi seribu arti bagi cewek😁, jadi
jangan senyum sembarangan ama cewek😰
                              4
cewek paling benci😱, cowok yang berbaik-baik ama mereka,
semata-mata untuk menggaet kawan mereka yang paling
cantik😍
                              5
senjata cewek adalah airmata😭
                              6
cewek suka tawar menawar😷
                              7
cewek tidak ingin, ada cewek laen yang memakai pakaian
yang sama dengan mereka😩
                              8
sekitar 70% cewek lebih suka cokelat daripada seks😨
                             9
ketika cewek sedang berbicara! sebaik nya dengarkan lah
setiap detail dari obrolan yang di gulirkan nya, mereka tidak
suka apabila! di cuekin😎
                             10
cewek itu akan luluh! dengan karakter cowok yang lembut
dan perhatian dengan nya,:);)
                  Sekian…..dan thanks,,,,,,

6 Hal yang Membuat Pria Menangis

image

Jika dibandingkan dengan wanita, para pria memang
sangat terlihat jarang jika mengeluarkan air mata. tapi
namanya manusia pasti memiliki sisi yang rapuh jika
disentuh.
Penasarankah apa yang membuat cowok menangis?? ,
langsung saja
*Ditinggal Mati Orang yang dicintai

image

Memang sebenarnya untuk yang satu ini, tak akan ada
yang mampu menahan air mata, pun ia mampu pastilah
hatinya akan menangis.
* Orang yang dicintai Sedang dalam Kesusahan

image

COntohnya jika orang tua sedang terbaring dirumah
sakit, atau membuat kekasihnya memangis terkadang
seorang pria menangis juga dibelakang karena telah
mengecewakan kekasihnya.
* Putus Cinta

image

Jangan sangka jika hanya wanita saja yang akan merasa
sakit jika putus cinta. pria juga begitu. bahkan para pria
bisa meratapi dirinya lebih lama dari wanita yang sedang
patah hati. alasannya karena seorang pria jarang bercerita
tentang kisah cintanya dengan teman2nya dan memilihi
memendam sendiri sakit hatinya.
* Tim Olahraga Kesayangannya Kalah

image

Air mata pria akan tumpah seketika jika menghadapi tim
olahraga favoritnya kalah, apalagi jika kekalahan itu
berlangsung di partai final.
* Mampu Membanggakan Keluarganya terutama Orang Tua

image

Ada masa ketika seorang pria berada pada titik ia
menjadi seorang “pemenang”, tentu inilah yang
dicita2kannya sejak lama. dan taukah kamu. orang
pertama yang ingin ia tunjukan atas keberhasilannya
adalah orangtuanya.
* Kelahiran Anak Pertama

image

Inilah yang paling ditunggu para pria yang telah
menikah. mendapatkan pertama adalah sebuah berkah
yang tak akan ternilai dengan apapun.
           Sekian dan terimah kasih
                          Firman

Buat cewek

Bedanya Cowok Yang Sekadar Pacar Dan Pria Yang Siap
Menikahimu

image

Cinta itu katanya buta. Ketika jatuh cinta mungkin kamu
melihat pacarmu sebagai sosok yang paling sempurna. Tapi,
apa kamu yakin dia bisa jadi calon suamimu nanti?
Pasalnya, memilih pasangan yang akan dibawa ke jenjang
pernikahan bukanlah hal mudah. Menikah berarti kamu
nggak bisa lagi impulsif minta putus ketika merasa ada
yang nggak cocok. Menikah itu komitmen serius yang
diyakini seumur hidup. Jadi, kamu tentu butuh seorang pria
dewasa dan bukan sekedar cowok yang masih sering labil
‘kan…
Nah, supaya bisa membedakan keduanya, saya siap bantu
kamu lewat artikel ini. Yuk, simak!
1. Nge-Date Adalah…

image

Pacarmu bisa jadi memaknai momen nge-date itu nggak
lebih dari main bareng, nongkrong, atau sekedar jalan-jalan.
Intinya, dia cuma pengen bersenang-senang sama kamu. Dia
nggak mau ambil pusing mikirin soal komitmen yang
menurutnya terdengar begitu rumit.
Padahal, seorang pria yang siap menikahimu justru berpikir
bahwa kencan itu harus jelas tujuannya. Dia tau bahwa
dirinya memang ingin menghabiskan waktu bersamamu.
Dari proses nge-date itu, dia ingin menegaskan perihal
hubungan kalian. Bahwa kalian memang sedang menjalani
satu ikatan serius yang mengarah ke masa depan.
2. Ngobrol Itu…

image

Teman-teman seangkatan, cerita tentang masa lalu, atau
orang yang nggak sengaja kamu temui di jalan mungkin jadi
topik obrolanmu sama pacar. Tapi, ketika ngobrol pria yang
siap jadi calon suamimu, kalian punya lebih banyak topik
menarik.
Dia cenderung suka menceritakan tentang buku, film, atau
musik favoritnya. Dia pun nggak sungkan buat cerita
tentang hobinya yang mungkin unik atau aneh. Ketika itu,
berarti dia sudah merasa nyaman sama kamu. Yang paling
penting, dia akan mendiskusikan nilai-nilai hidup yang dia
percaya dan tertarik mencari tahu apa kamu sepakat
dengannya. Topik-topik obrolan semacam ini akan membuat
hubungan kalian semakin intim dan berkualitas.
3. Jadi Pendengar Yang Baik

image

Seorang pacar akan lebih suka membicarakan hal-hal yang
membuatmu senang. Tapi, dia mungkin nggak pernah benar-
benar memperhatikan ketika kamu bicara. Bahkan, dia
dengan santai dan tanpa berdosa mengganti topik
pembicaraan ketika kamu lagi serius-seriusnya.
Sementara, seorang pria yang siap kamu nikahi akan
bersikap layaknya pendengar yang baik. Dia selalu tertarik
mendengar pendapatmu dan pemikiran-pemikiranmu yang
menurutnya unik. Bahkan, dia akan tetap mendengarkanmu
bicara tentang hal-hal kecil yang sifatnya sepele sekalipun.
4. Menanggapi Kebiasaan Burukmu

image

Seorang pacar mungkin akan membiarkanmu melakukan
kebiasaan-kebiasaan buruk. Tapi, diam-diam dia
mengingatnya dan menjadikan hal itu sebagai senjata untuk
memojokkanmu jika suatu hari nanti kalian bertengkar.
Namun, seorang pria yang siap menikahimu akan berusaha
menasihatimu dengan sabar. Dia pun akan tetap menjaga
tutur katanya supaya nggak menyakiti hatimu.
5. Kalau Lagi Berantem

image

Cowok yang belum dewasa bisa kalap pas lagi berantem.
Dia bisa pakai kata-kata kasar atau bahkan kekerasan fisik.
Tapi, seorang pria sejati mampu mengendalikan emosinya
sendiri. Semarah apapun dia, sekuat tenaga dia akan
berusaha tenang dan menjaga wibawanya sendiri. Dia nggak
akan bersikap kasar atau memanggilmu dengan sebutan yang
sembarangan, seperti ‘perempuan nggak tau diri’ atau
‘perempuan gila’.
6. Soal Penampilan

image

Peduli banget sama baju dan potongan rambutnya, cowok
akan terus-terusan memperhatikan penampilannya sendiri.
Dengan sengaja, dia membuatmu risih dan akhirnya kamu
pun memperhatikan penampilanmu. Sadar atau nggak, kamu
pun terus memperbaiki diri mengikuti standar pacarmu.
Padahal, pria bisa percaya setiap orang punya kelebihan dan
kekurangannya masing-masing. Bagi mereka, tampilan fisik
bukan lagi alasan utama untuk mencintai seseorang. Rasa
nyaman dan saling cocok jauh lebih penting daripada
sekedar cantik, modis, atau seksi. Dia pun nggak mau
menyakiti perasaanmu sebagai orang yang dicintainya
dengan mengatakan kekurangan-kekurangan yang kamu
miliki.
7. Ketika Melakukan Kesalahan

image

Sekedar pacar mungkin bisa dengan mudah bilang ‘maaf’.
Tapi, bisa jadi itu cuma supaya kamu nggak marah atau
nggak ngambek ke dia lagi. Bahkan, kalimat “aku cinta
kamu” juga bisa dia ucapkan setiap hari demi membuatmu
tetap bersamanya. Padahal, entah dia beneran paham makna
dari kalimat itu atau nggak.
Nah, kalau pria yang bakal menikahimu juga bilang ‘maaf;
ketika dia bikin salah. Tapi, hal itu dia lakukan karena dia
sadar bahwa kesalahannya udah menyakitimu. Dia juga bisa
bilang “aku cinta kamu” setiap hari. Dia pengen kamu bisa
merasakan cintanya buat kamu setiap hari.
8. Manja Atau Mandiri?

image

Kebanyakan cowok itu manja. Bener nggak sih? Dia pengen
punya pacar yang bisa berperan seperti ibunya sehinga dia
merasa nggak perlu mengerjakan keperluan pribadinya
sendiri. Sementara, pria tau gimana harus bersikap dan
mengurus diri. Dia bisa masak, cuci baju, membersihkan
kamar, dan lain-lain. Dia melakukan semuanya atas dasar
rasa tangung jawab pada dirinya sendiri. Dia berusaha
mengerjakan apa yang seharusnya dilakukan seorang pria
dewasa.
9. Pas Lagi Sama Temen-Temen

image

Yang cuma sekedar pacar seringkali males kalau diajak
ketemu teman-temanmu. Sebaliknya, dia juga males kalau
kamu maksa buat ikutan acaranya dia atau ketemu teman-
temannya. Bagi dia, nggak perlu ada orang lain ketika
kalian lagi sama-sama. Ketika itu, dia cuma butuh kamu
untuk menemaninya.
Beda banget! pria yang siap menikahimu justru merasa
perlu mengenal teman-temanmu. Mendengar cerita tentang
mereka membuatnya berniat bertemu secara langsung dan
memperkenalkan dirinya sebagai pacar sekaligus calon
suamimu. Dia pun akan dengan senang hati mengajakmu
bertemu teman-temannya, bahkan tanpa perlu kamu minta.
10. Ketika Waktunya Ketemu Orang Tua

image

Kamu dan pacarmu mungkin sama-sama selalu merasa
nggak siap buat ketemu orang tua. Bukan cuma dia yang
nggak siap. Kamu pun sadar bahwa pacarmu sepertinya
belum pantas untuk dibawa ke rumah yang sering kali
momen ini identik dengan hubungan yang lebih serius.
Padahal, seorang pria yang emang niat menikahimu justru
akan menawarkan diri buat bertemu orang tuamu. Sekalipun
kamu ragu, dia akan berusaha meyakinkanmu bahwa dirinya
sudah pantas dan siap membuat orang tuamu terkesan.
11. Apa Yang Terjadi Saat Masalah Datang?

image

Jangan heran kalau pacarmu memilih pergi ketika hubungan
kalian menemui masalah. Dia mungkin cuma nggak mau
ribet dan terlibat makin jauh dalam masalah itu. Ingat,
tujuan awalnya adalah untuk bersenang-senang. Jadi, nggak
heran kalau dia dengan mudahnya angkat tangan dan pergi.
Lain halnya dengan seorang pria dewasa. Dia bisa bertahan
karena sebuah komitmen. Baginya, menyelesaikan masalah
berarti berjuang demi hubungan kalian dan itu suatu
keharusan. Dia ingin bisa bersamamu sampai akhirnya
kalian menikah.
12. Jadi, Siapa Yang Bayar Bill-Nya?

image

Cowok mungkin nggak akan berinisiatif buat bayar bill
lebih dulu. Bahkan, dia mulai panik kalau kamu
memintanya buat bayar semua pengeluaran saat kencan.
Untuk urusan yang satu ini, cowok cenderung lebih
perhitungan. Kira-kira, seberapa besar keuntungan kencan
sama kamu sampai dia harus keluar banyak uang.
Sementara, seorang pria nggak perlu disuruh atau diminta
untuk urusan yang satu ini. Dia merasa bahwa membayar
semua pengeluaran adalah salah satu kewajibannya ketika
mengajakmu kencan. Bahkan ketika kamu ngotot buat
gantian bayarin dia sekalipun, dia tetap akan memilih
menolak.
13. Kalau Pas Lagi Nggak Barengan

image

Seorang pacar nggak bisa memberimu rasa aman itu wajar.
Banyak kasus semacam itu terjadi. Dari situ akhirnya kamu
merasa selalu curiga ketika dia nggak lagi sama kamu.
Pertanyaan ‘lagi dimana dan ngapain’ bisa setiap saat
mengganggu pikiranmu. Kamu takut dan khawatir dia
selingkuh atau mengkhianatimu.
Sedangkan, seorang pria yang siap jadi calon suamimu akan
bisa memberikanmu rasa aman. Kamu nggak perlu khawatir
ketika dia nggak berada di dekatmu. Kamu yakin dia bisa
konsisten dengan komitmennya. Bahwa kalian saling
mencintai dan percaya satu sama lain adalah yang
membuatmu berpikir ‘semua baik-baik saja’.
14. Ketika Bicara Soal Pernikahan

image

Sekedar pacar mungkin nggak suka atau bahkan marah
ketika kamu bicara soal rencana menikah dan punya anak.
Sementara, seorang pria dewasa akan memikirkan hal itu
jauh sebelum kamu memikirkannya. Pertemuannya
denganmu tanpa sadar mengubah isi kepalanya. Dulu, dia
mungkin masih malas memikiran soal pernikahan, tapi
perlahan kamu membuatnya melunak.
15. Menikah Bukan Perkara Cinta Atau Cocok Aja

image

Cakep, menyenangkan, dan nggak pernah bikin kamu bosen.
Yup, pacarmu bisa jadi sosok yang kamu impi-impikan buat
jadi suamimu kelak. Tapi, menikah nggak akan sesederhana
itu. Kamu nggak pernah tau siapa yang akan jadi suamimu
sampai hari pernikahan itu benar-benar tiba.
Menikah berarti menjalankan sebuah komitmen seumur
hidup. Kamu dan pasanganmu harus terus berjuang setiap
harinya agar biduk pernikahan itu tetap utuh selamanya.
Lepas dari kriteria soal suami atau istri idaman, kalian
hanya fokus untuk tetap bertahan dan bersama-sama
mengarungi lika-luki kehidupan pernikahan.
Nah, dari tanda-tanda yang sudah disebutkan di atas, kira-
kira pasanganmu saat ini masih sekedar pacar atau udah bisa
jadi calon suami? Yang pasti, menikah adalah salah satu
keputusan besar dalam hidup. Jadi, jangan sembarangan
dalam memilih pasangan, ya…
Salam hangat dari saya
Firman.

image

Munculka lagi

image

SANDAL JEPIT YANG TERHORMAT
Di sebuah toko sepatu di kawasan
perbelanjaan termewah di sebuah
kota, tampak di etalase sebuah
sepatu dengan anggun diterangi
oleh lampu yang indah. Dari tadi
dia nampak jumawa dengan posisinya, sesekali dia menoleh ke
kiri dan ke kanan untuk
memamerkan kemolekan
desainnya, haknya yang tinggi
dengan warna coklat tua semakin
menambah kemolekan yang dimilikinya.
Pada saat jam istirahat, seorang
pramuniaga yang akan makan
siang meletakkan sepasang sandal
jepit tidak jauh dari letak sang
sepatu. “Hai sandal jepit, sial sekali nasib kamu, diciptakan
sekali saja dalam bentuk buruk
dan tidak menarik”, sergah sang
sepatu dengan nada congkak.
Sandal jepit hanya terdiam dan
melemparkan sebuah senyum persahabatan.
“Apa menariknya menjadi sandal
jepit ?, tidak ada kebanggaan
bagi para pemakainya, tidak
pernah mendapatkan tempat
penyimpanan yang istimewa, dan tidak pernah disesali pada
saat
hilang, kasihan sekali kamu”, ujar
sang sepatu dengan nada yang
semakin tinggi dan bertambah
sinis.
Sandal jepit menarik nafas panjang, sambil menatap sang
sepatu dengan tatapan lembut,
dia berkata “Wahai sepatu yang
terhormat, mungkin semua orang
akan memiliki kebanggaan jika
memakai sepatu yang indah dan mewah sepertimu. Mereka
akan
menyimpannya di tempat yang
terjaga, membersihkannya
meskipun masih bersih, bahkan
sekali-sekali memamerkan kepada
sanak keluarga maupun tetangga yang berkunjung ke
rumahnya”.
Sandal jepit berhenti berbicara
sejenak dan membiarkan sang
sepatu menikmati pujiannya.
“Tetapi sepatu yang terhormat,
kamu hanya menemaninya di didalam kesemuan, pergi ke
kantor maupun ke undangan-
undang an pesta untuk sekedar sebuah kebanggaan. Kamu
hanya
dipakai sesekali saja. Beda kan
dengan aku. Aku siap menemani
kemana saja pemakaiku pergi,
bahkan aku sangat loyal meski
dipakai ke toilet ataupun kamar mandi. Aku memunculkan
kerinduan bagi pemakaiku. Setelah
dia seharian dalam cengkeraman
keindahanmu, maka manusia akan
segera merindukanku. Karena apa
wahai sepatu ?. Karena aku memunculkan kenyamanan dan
kelonggaran. Aku tidak
membutuhkan perhatian dan
perawatan yang spesial. Dalam
kamus kehidupanku, jika kita ingin
membuat orang bahagia maka kita harus menciptakan
kenyamanan untuknya”, Sandal
jepit berkata dengan antusias
dan membiarkan sang sepatu
terpana.
“Sepatu ! Sahabatku yang terhormat, untuk apa kehebatan
kalau sekedar untuk dipamerkan
dan menimbulkan efek ketakutan
untuk kehilangan. Untuk apa
kepandaian dikeluarkan hanya
untuk sekedar mendapatkan kekaguman.” Sepatu mulai tersihir
oleh ucapan sandal jepit. “Tapi
bukankah menyenangkan jika kita
dikagumi banyak orang”, jawab
sepatu mencoba mencari
pembenar atas posisinya. Sandal jepit tersenyum dengan bijak
“Sahabatku! ditengah kekaguman
sesungguhnya kita sedang
menciptakan tembok pembeda
yang tebal, semakin kita ingin
dikagumi maka sesungguhnya kita sedang membangun
temboknya”.
Dari pintu toko nampak sang
pramuniaga tergesa-gesa
mengambil sandal jepit karena
ingin bersegera mengambil air
wudhu. Sambil tersenyum bahagia sandal jepit berbisik kepada
sang
sepatu “Lihat sahabatku, bahkan
untuk berbuat kebaikan pun
manusia mengajakku dan
meninggalkanmu” . Sepatu menatap kepergian sandal
jepit ke mushola dengan penuh
kekaguman seraya berbisik
perlahan “Terima kasih, engkau
telah memberikan pelajaran yang
berharga sahabatku, sandal jepit yang terhormat”.

Terharu habis baca ini

image

image

assalamu’alaikum wr wb
sebuah cerita penggugah hati, silahkan simak,..
Seorang pengusaha sukses jatuh di kamar mandi dan akhirnya stroke.
Sudah 7 malam dirawat di RS di ruang ICU. Di saat orang-orang terlelap
dalam mimpi malam, dalam dunia roh seorang malaikat menghampiri si
pengusaha yang terbaring tak berdaya.
Malaikat memulai pembicaraan, “Kalau dalam waktu 24 jam ada 50 orang
berdoa buat kesembuhanmu, maka kau akan hidup. Dan sebaliknya jika
dalam 24 jam jumlah yang aku tetapkan belum terpenuhi, itu artinya kau
akan meninggal dunia!
“Kalau hanya mencari 50 orang, itu mah gampang .. . ” kata si pengusaha
ini dengan yakinnya.
Setelah itu Malaikat pun pergi dan berjanji akan datang 1 jam sebelum
batas waktu yang sudah disepakati.
Tepat pukul 23:00, Malaikat kembali mengunjunginya; dengan antusiasnya
si pengusaha bertanya, “Apakah besok pagi aku sudah pulih? Pastilah
banyak yang berdoa buat aku, jumlah karyawan yang aku punya lebih dari
2000 orang, jadi kalau hanya mencari 50 orang yang berdoa pasti bukan
persoalan yang sulit”.
Dengan lembut si Malaikat berkata, aku sudah berkeliling mencari suara
hati yang berdoa buatmu tapi sampai saat ini baru 3 orang yang berdoa
buatmu, sementara waktumu tinggal 60 menit lagi. Rasanya mustahil kalau
dalam waktu dekat ini ada 50 orang yang berdoa buat kesembuhanmu”.
Tampa menunggu reaksi dari si pengusaha, si malaikat menunjukkan layar
besar berupa TV siapa 3 orang yang berdoa buat kesembuhannya. Di layar
itu terlihat wajah duka dari sang istri, di sebelahnya ada 2 orang anak
kecil, putra putrinya yang berdoa dengan khusuk dan tampak ada tetesan
air mata di pipi mereka”.
Kata Malaikat, “Aku akan memberitahukanmu, kenapa Tuhan rindu
memberikanmu kesempatan kedua? Itu karena doa istrimu yang tidak
putus-putus berharap akan kesembuhanmu”
Kembali terlihat dimana si istri sedang berdoa jam 2:00 subuh, ” Tuhan,
aku tahu kalau selama hidupnya suamiku bukanlah suami atau ayah yang
baik! Aku tahu dia sudah mengkhianati pernikahan kami, aku tahu dia
tidak jujur dalam bisnisnya, dan kalaupun dia memberikan sumbangan, itu
hanya untuk popularitas saja untuk menutupi perbuatannya yang tidak
benar dihadapanMu. Tapi Tuhan, tolong pandang anak-anak yang telah
Engkau titipkan pada kami, mereka masih membutuhkan seorang ayah.
Hamba tidak mampu membesarkan mereka seorang diri.”
Dan setelah itu istrinya berhenti berkata-kata tapi air matanya semakin
deras mengalir di pipinya yang kelihatan tirus karena kurang istirahat”.
Melihat peristiwa itu, tampa terasa, air mata mengalir di pipi pengusaha
ini. Timbul penyesalan bahwa selama ini bahwa dia bukanlah suami yang
baik. Dan ayah yang menjadi contoh bagi anak-anaknya.. Malam ini dia
baru menyadari betapa besar cinta istri dan anak-anak padanya.
Waktu terus bergulir, waktu yang dia miliki hanya 10 menit lagi, melihat
waktu yang makin sempit semakin menangislah si pengusaha
ini,penyesalan yang luar biasa. Tapi waktunya sudah terlambat ! Tidak
mungkin dalam waktu 10 menit ada yang berdoa 47 orang !
Dengan setengah bergumam dia bertanya,”Apakah diantara karyawanku,
kerabatku, teman bisnisku, teman organisasiku tidak ada yang berdoa
buatku?”
Jawab si Malaikat, ” Ada beberapa yang berdoa buatmu.Tapi mereka tidak
Tulus. Bahkan ada yang mensyukuri penyakit yang kau derita saat ini. Itu
semua karena selama ini kamu arogan, egois dan bukanlah atasan yang
baik. Bahkan kau tega memecat karyawan yang tidak bersalah”. Si
pengusaha tertunduk lemah, dan pasrah kalau malam ini adalah malam
yang terakhir buat dia. Tapi dia minta waktu sesaat untuk melihat anak
dan si istri yang setia menjaganya sepanjang malam.
Air matanya tambah deras, ketika melihat anaknya yang sulung tertidur di
kursi rumah sakit dan si istri yang kelihatan lelah juga tertidur di kursi
sambil memangku si bungsu.
Ketika waktu menunjukkan pukul 24:00, tiba-tiba si Malaikat berkata,
Tuhan melihat air matamu dan penyesalanmu ! ! Kau tidak jadi
meninggal,karena ada 47 orang yang berdoa buatmu tepat jam 24:00″.
Dengan terheran-heran dan tidak percaya, si pengusaha bertanya siapakah
yang 47 orang itu. Sambil tersenyum si Malaikat menunjukkan suatu
tempat yang pernah dia kunjungi bulan lalu.
Bukankah itu Panti Asuhan ? kata si pengusaha pelan. “Benar anakku, kau
pernah memberi bantuan bagi mereka beberapa bulan yang lalu, walau aku
tahu tujuanmu saat itu hanya untuk mencari popularitas saja dan untuk
menarik perhatian pemerintah dan investor luar negeri. “
“Tadi pagi, salah seorang anak panti asuhan tersebut membaca di koran
kalauseorang pengusaha terkena stroke dan sudah 7 hari di ICU. Setelah
melihat gambar di koran dan yakin kalau pria yang sedang koma adalah
kamu, pria yang pernah menolong mereka dan akhirnya anak-anak panti
asuhan sepakat berdoa buat kesembuhanmu. “
Doa sangat besar kuasanya. Tak jarang kita malas. Tidak punya waktu.
Tidak terbeban untuk berdoa bagi orang lain.
Ketika kita mengingat seorang sahabat lama/keluarga, kita pikir itu hanya
kebetulan saja padahal seharusnya kita berdoa bagi dia. Mungkin saja pada
saat kita mengingatnya dia dalam keadaan butuh dukungan doa dari
orang-orang yang mengasihi dia.
Disaat kita berdoa bagi orang lain, kita akan mendapatkan kekuatan baru
dan kita bisa melihat kemuliaan Tuhan dari peristiwa yang terjadi.
Hindarilah perbuatan menyakiti orang lain… Sebaliknya perbanyaklah
berdoa buat orang lain.
Terima kasih
Karena pahlawan sejati, bukan dilihat dari kekuatan phisiknya,tapi dari
kekuatan hatinya. Katakan ini dengan pelan, “Ya ALLAH, hamba
mencintai-MU dan membutuhkan-MU, datang dan terangilah hati kami
sekarang…!!!”.
wassalamu’alaikum wr wb

Nangis baca ini

image

assalamu’alaikum wr wb
sebuah cerita penggugah hati, silahkan simak,..
Seorang pengusaha sukses jatuh di kamar mandi dan akhirnya stroke.
Sudah 7 malam dirawat di RS di ruang ICU. Di saat orang-orang terlelap
dalam mimpi malam, dalam dunia roh seorang malaikat menghampiri si
pengusaha yang terbaring tak berdaya.
Malaikat memulai pembicaraan, “Kalau dalam waktu 24 jam ada 50 orang
berdoa buat kesembuhanmu, maka kau akan hidup. Dan sebaliknya jika
dalam 24 jam jumlah yang aku tetapkan belum terpenuhi, itu artinya kau
akan meninggal dunia!
“Kalau hanya mencari 50 orang, itu mah gampang .. . ” kata si pengusaha
ini dengan yakinnya.
Setelah itu Malaikat pun pergi dan berjanji akan datang 1 jam sebelum
batas waktu yang sudah disepakati.
Tepat pukul 23:00, Malaikat kembali mengunjunginya; dengan antusiasnya
si pengusaha bertanya, “Apakah besok pagi aku sudah pulih? Pastilah
banyak yang berdoa buat aku, jumlah karyawan yang aku punya lebih dari
2000 orang, jadi kalau hanya mencari 50 orang yang berdoa pasti bukan
persoalan yang sulit”.
Dengan lembut si Malaikat berkata, aku sudah berkeliling mencari suara
hati yang berdoa buatmu tapi sampai saat ini baru 3 orang yang berdoa
buatmu, sementara waktumu tinggal 60 menit lagi. Rasanya mustahil kalau
dalam waktu dekat ini ada 50 orang yang berdoa buat kesembuhanmu”.
Tampa menunggu reaksi dari si pengusaha, si malaikat menunjukkan layar
besar berupa TV siapa 3 orang yang berdoa buat kesembuhannya. Di layar
itu terlihat wajah duka dari sang istri, di sebelahnya ada 2 orang anak
kecil, putra putrinya yang berdoa dengan khusuk dan tampak ada tetesan
air mata di pipi mereka”.
Kata Malaikat, “Aku akan memberitahukanmu, kenapa Tuhan rindu
memberikanmu kesempatan kedua? Itu karena doa istrimu yang tidak
putus-putus berharap akan kesembuhanmu”
Kembali terlihat dimana si istri sedang berdoa jam 2:00 subuh, ” Tuhan,
aku tahu kalau selama hidupnya suamiku bukanlah suami atau ayah yang
baik! Aku tahu dia sudah mengkhianati pernikahan kami, aku tahu dia
tidak jujur dalam bisnisnya, dan kalaupun dia memberikan sumbangan, itu
hanya untuk popularitas saja untuk menutupi perbuatannya yang tidak
benar dihadapanMu. Tapi Tuhan, tolong pandang anak-anak yang telah
Engkau titipkan pada kami, mereka masih membutuhkan seorang ayah.
Hamba tidak mampu membesarkan mereka seorang diri.”
Dan setelah itu istrinya berhenti berkata-kata tapi air matanya semakin
deras mengalir di pipinya yang kelihatan tirus karena kurang istirahat”.
Melihat peristiwa itu, tampa terasa, air mata mengalir di pipi pengusaha
ini. Timbul penyesalan bahwa selama ini bahwa dia bukanlah suami yang
baik. Dan ayah yang menjadi contoh bagi anak-anaknya.. Malam ini dia
baru menyadari betapa besar cinta istri dan anak-anak padanya.
Waktu terus bergulir, waktu yang dia miliki hanya 10 menit lagi, melihat
waktu yang makin sempit semakin menangislah si pengusaha
ini,penyesalan yang luar biasa. Tapi waktunya sudah terlambat ! Tidak
mungkin dalam waktu 10 menit ada yang berdoa 47 orang !
Dengan setengah bergumam dia bertanya,”Apakah diantara karyawanku,
kerabatku, teman bisnisku, teman organisasiku tidak ada yang berdoa
buatku?”
Jawab si Malaikat, ” Ada beberapa yang berdoa buatmu.Tapi mereka tidak
Tulus. Bahkan ada yang mensyukuri penyakit yang kau derita saat ini. Itu
semua karena selama ini kamu arogan, egois dan bukanlah atasan yang
baik. Bahkan kau tega memecat karyawan yang tidak bersalah”. Si
pengusaha tertunduk lemah, dan pasrah kalau malam ini adalah malam
yang terakhir buat dia. Tapi dia minta waktu sesaat untuk melihat anak
dan si istri yang setia menjaganya sepanjang malam.
Air matanya tambah deras, ketika melihat anaknya yang sulung tertidur di
kursi rumah sakit dan si istri yang kelihatan lelah juga tertidur di kursi
sambil memangku si bungsu.
Ketika waktu menunjukkan pukul 24:00, tiba-tiba si Malaikat berkata,
Tuhan melihat air matamu dan penyesalanmu ! ! Kau tidak jadi
meninggal,karena ada 47 orang yang berdoa buatmu tepat jam 24:00″.
Dengan terheran-heran dan tidak percaya, si pengusaha bertanya siapakah
yang 47 orang itu. Sambil tersenyum si Malaikat menunjukkan suatu
tempat yang pernah dia kunjungi bulan lalu.
Bukankah itu Panti Asuhan ? kata si pengusaha pelan. “Benar anakku, kau
pernah memberi bantuan bagi mereka beberapa bulan yang lalu, walau aku
tahu tujuanmu saat itu hanya untuk mencari popularitas saja dan untuk
menarik perhatian pemerintah dan investor luar negeri. “
“Tadi pagi, salah seorang anak panti asuhan tersebut membaca di koran
kalauseorang pengusaha terkena stroke dan sudah 7 hari di ICU. Setelah
melihat gambar di koran dan yakin kalau pria yang sedang koma adalah
kamu, pria yang pernah menolong mereka dan akhirnya anak-anak panti
asuhan sepakat berdoa buat kesembuhanmu. “
Doa sangat besar kuasanya. Tak jarang kita malas. Tidak punya waktu.
Tidak terbeban untuk berdoa bagi orang lain.
Ketika kita mengingat seorang sahabat lama/keluarga, kita pikir itu hanya
kebetulan saja padahal seharusnya kita berdoa bagi dia. Mungkin saja pada
saat kita mengingatnya dia dalam keadaan butuh dukungan doa dari
orang-orang yang mengasihi dia.
Disaat kita berdoa bagi orang lain, kita akan mendapatkan kekuatan baru
dan kita bisa melihat kemuliaan Tuhan dari peristiwa yang terjadi.
Hindarilah perbuatan menyakiti orang lain… Sebaliknya perbanyaklah
berdoa buat orang lain.
Terima kasih
Karena pahlawan sejati, bukan dilihat dari kekuatan phisiknya,tapi dari
kekuatan hatinya. Katakan ini dengan pelan, “Ya ALLAH, hamba
mencintai-MU dan membutuhkan-MU, datang dan terangilah hati kami
sekarang…!!!”.
wassalamu’alaikum wr wb

Yuk kita…

image

GUGUSAN karst atau batuan kapur kawasan
Rammang-rammang menjulang tinggi di antara
aliran sungai yang mengelilinginya. Bentuknya
unik, bak pahatan alam di atas sungai dan
memberi pemandangan yang sangat eksotis.
Indahnya panorama pebukitan karst dengan
warna batuan dominan hitam dikelilingi sungai
dapat dinikmati bila melalui jalur sungai
menuju objek wisata Rammang-rammang.
Letaknya di Desa Salenrang, Kecamatan
Bontoa, Kabupaten Maros. Pohon bakau dan
Nipa tumbuh di sisi kiri dan kanan sungai daya
tarik tersendiri bagi pengunjung. Singkapan
batu kapur tersebar di sepanjang alur sungai
dan menyembul dari dasar sungai. Bila
mengunjungi kawasan karst Rammang-
rammang melalui jalur darat, gugusan batu
terlihat menyerupai menara dan biasa disebut
hutan batu. Sekelilingnya bukan lagi alur
sungai, melainkan areal persawahan tadah
hujan dengan banyak pematang sawah.
Melihat keindahan panorama alamnya saja,
pikiran terasa lebih segar. Apalagi semuanya
terlihat masih alami. Keunikannya membuat
pengunjung merasa betah berlama-lama di
sekitar kawasan bukit kapur dengan gua-gua
yang banyak tersembunyi di sekitarnya. Karst
Rammang-rammang salah satu tujuan wisata
favorit turis mancanegara.
Mereka sangat senang melakukan wisata
adventur atau petualangan menyusuri gua-gua
yang berada di dalam kawasan. Selain gugusan
batu kapur, Rammang-rammang memang
menyimpan banyak gua yang terbentuk dari
gugusan pegunungan gamping dengan
ketinggian antara 10-300 meter di atas
permukaan laut. Bentang alamnya bervariasi
dari kawasan landai hingga terjal. Vegetasi yang
hidup di kawasan ini mulai dari tumbuhan khas
pegunungan gamping, rawa-rawa, dan beberapa
jenis tanaman yang tumbuh pada dataran
alluvial yang sekarang menjadi lahan pertanian
masyarakat setempat. Gua Rammang-rammang
ditemukan penduduk sekitar Desa Salenrang
sekitar tahun 1993.
Namun, penemuan itu baru mendapat respons
sekitar tahun 2000 silam ketika Balai Arkeologi
Makassar melakukan penelitian. Staf Bagian
Program Dinas Kebudayaan dan Pariwisata
Kabupaten Maros, Yusriadi Arif mengatakan,
Rammang-rammang memiliki daya tarik yang
sangat besar. Daya tarik utamanya pada lanskap
atau pemandangan alamnya. Keberadaan karst
yang masih alami membuatnya unik dan
terkenal. “Bentuk pahatan bebatuan
menyerupai menara karst dan tipe seperti itu
hanya terdapat di tiga negara saja yakni Cina,
Vietnam dan Indonesia.
Nah di Indonesia, Maros masuk,” katanya.
Rammang-rammang sudah mulai dikenal sejak
lima tahun terakhir. Pengunjungnya lebih
banyak didominasi turis asing atau wisatawan
mancanegara. Kawasan ini juga sering menjadi
arena outbound. Menanggapi potensi wisata
itu, PT XL Axiata Tbk North Region kemudian
berkunjung ke kantor Dinas Pariwisata Maros,
Senin, 26 Maret lalu. Mereka kemudian
menyampaikan ketertarikannya terhadap taman
wisata Rammang Rammang yang belum begitu
dikenal. Padahal potensinya sangat besar.
Rencana PT XL Axiata Tbk North Region untuk
memperkenalkan sektor pariwisata di
Kabupaten Maros pun kemudian direalisasikan
lewat kunjungannya Sabtu, 31 Maret ke Desa
Salenrang khususnya diobjek wisata Rammang
Rammang.
Kegiatan yang mengangkat tema “Demo Photo
Di atas Sungai Pute” pun mengikutsertakan
puluhan fotografer dari komunitas Photografi
Indonesia dan Komunitas Blogger. Sebelum
menyusuri sungai pute yang dikelilingi
bentangan karst dan gua gua, rombongan
terlebih dahulu mengabadikan foto karst
diantara pematang sawah. General Manager
Finance & Management Service XL North,
Awaluddin, mengatakan kegiatan demo foto itu
sebagai salah satu bentuk mendukung
pariwisata kawasan karst menjadi World
Heritage.
Dia berharap dengan cara seperti itu dapat
membantu mempromosikan potensi pariwisata
di Maros. Apalagi, kata dia keindahan dan luas
karstnya merupakan yang kedua setelah China
Selatan. “Targetnya sendiri adalah Wisatawan
Mancanegara,” katanya. Kini, kata dia, XL
menunggu program dari Pemda Maros terkait
dalam mempromosikan pariwisata Maros di
Kawasan Karst. Terpisah, Kepala Dinas
Pariwisata Maros, Rahmat Burhanuddin
mengaku sangat mengapresiasi usaha PT XL
Axiata Tbk North dalam mempromosikan
pariwisata Maros khususnya wisata karst yang
masih belum banyak digaungkan.
“Itu satu hal yang positif karena ada yang mau
mempeomosikan pariwisata di Maros
khususnya karst. Tentu kita merasa terbantu,”
katanya. Apalagi, lanjutnya, kawasan karst di
Dusun Rammang Rammang Desa Rammang
Rammang Kecamatan Bontoa merupakan
kawasan karst terbesar dan terindah kedua
setelah Cina Selatan. “Kan sayang kalau tidak
terpromosikan dengan baik,” katanya.
Dia berharap setelah rombongan fotografer dan
penulis berkunjung ke sana (Rammang
Rammang, red) yang difasilitasi PT XL paling
tidak bisa membantu Pemda dalam hal
promosi.
“Jadi kita juga tidak bisa dengan mudah
mempromosikan kawasan karst itu tanpa
adanya bantuan dan dukungan pihak ketiga
untuk mempromosikannya,” katanya. Rahmat
juga mengaku untuk 2013 mendatang, Dinas
Pariwisata sudah memasukkan perencanaan
untuk mengelola Rammang Rammang sebagai
desa wisata. Sehingga akan dibuat sarana dan
prasarana.